5 Langkah Ampuh Untuk Lulus Seleksi Kerja , Cara jitu Melamar kerja Diterima 100%
Tag : #MelamarPekerjaan #LowonganPekerjaan #CaraEfektifMelamarKerja #MencarikerjaSulit #MencariKerjaMudah #Melamarkerjaditerima100% #TipsMelamarKerja #5LangkahAmpuhLulusSeleksiKerja
5 Langkah Ampuh Untuk Lulus Seleksi Kerja Diterima 100% - Untuk mendapatkan pekerjaan tentulah kita harus melalui tahapan tertentu, setiap penyelenggara seleksi pekerjaan memiliki tahapan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. namun secara umum ada 5 Langkah yang harus kita lalui agar permohonan kerja yang kita ajukan diterima. 5 langkah ini sangat menentukan diterima atau tidaknya permohonan kerja yang kita ajukan. Ketika kita ingin melamar kerja di sebuah instansi/ perusahaan kita wajib tahu apa saja tahapan yang akan kita lalui, dan yang pasti menyiapkan segalanya dengan matang, supaya kita bisa lolos dan diterima. berikut tahapan/ proses seleksi masuk kerja :

1. Lamaran Pekerjaan
Dalam
pembuatan lamaran pekerjaan ada beberapa hal penting untuk kita
perhatikan jika kita ingin membuat lamaran pekerjaan yang berkesan, dan
menarik minat membaca sampai akhir, Contoh :
a. surat lamaran
Surat
lamaran yang kita buat harus rapi dan terlihat menarik, hindari membuat
lamaran pekerjaan menggunakan tulis tangan dan Foto Copy karna akan
terlihat murahan dan tidak mencerminkan keseriusan kita untuk
mendapatkan pekerjaan tersebut.
b. Curiculum vitae
Curiculum
Vitae tempat kita menjelaskan data pribadi, pendidikan, kemampuan yang
kita miliki, dan referensi(orang yang mengetahui kemampuan kita).
buatlah Curiculum vitae yang menarik, jika dalam pembuatan Curiculum
Vitae menggunakan tabel sebaiknya tidak menggunakan Shading(warna) yang
norak, dan terlihat murahan. karna akan mengurangi minat pembacanya.
c. Sertifikat
Sertifikat
memang tidak wajib kita sematkan dalam lamaran pekerjaan namun
penambahan sertifikat ini akan menambah nilai jual kita, namun tidak
semua sertifikat bisa kita gunakan, hanya yang berkaitan dengan
pekerjaan yang kita tujulah yang bisa kita pakai. contoh : Jika anda
melamar untuk posisi satpam maka anda sertakan sertifikat beladiri/
pelatihan kemiliteran, jika anda melamar untuk posisi administrasi
sertakan sertifikat Kursus komputer. mungkin akan menambah daya tarik
lamaran anda.
d. Referensi
Apa
yang dimaksud Referensi? referensi adalah penjelasan(informasi) dari
orang yang mengenal kita tentang kemampuan yang kita miliki, siapa saja
yang bisa kita jadikan referensi? tentunya tidak semua orang bisa kita
jadikan Referensi, contoh : pacar, ayah, ibu, paman dll. karna itu tidak
akan membuat pembaca percaya, tapi yang bisa kita jadikan Referensi
adalah, Dosen, mantan manajer di pekerjaan kita sebelumnya, karena hanya
merekalah yang tau akan kinerja/ kemampuan kita.
e. Pengalaman kerja
Pengalaman
kerja adalah nilai plus yang sangat menentukan diterima atau tidaknya,
karna kebanyakan perusahaan menginginkan orang yang sudah berpengalaman
dibandingkan dengan orang yang masih mau belajar bekerja, perusahaan
lebih memilih orang yang profesional dibandingkan dengan orang yang
masih belum memiliki pengalaman.

2. Tes Tulis dan Interview
Jika
lamaran pekerjaan yang sudah kita kirimkan ke instansi/ perusahaan di
Acc maka kita akan dipanggil untuk melalui tahapan yang kedua, tahapan
ini juga memiliki peran yang penting, karna untuk melaju ke tahapan
selanjutnya harus melalui tahapan penting ini.
a. Tes Tulis
pada
tes ini kita diminta untuk menyelesaikan sebuah masalah, dalam bentuk
soal (soal bisa berupa pilihan ganda atau uraian) dan jawaban anda harus
tepat jika ingin melaju ke tahapan selanjutnya. Bagaimana cara agar
kita tahu mana jawaban yang tepat, kita harus posisikan diri kita
sebagai seorang karyawan dan sebagai seorang karyawan kepentingan
perusahaan adalah hal yang harus di nomer satukan. pekerjaan lebih
penting dari pada kepentingan pribadi jika kita masih dalam jam kerja.
b. Interview (wawancara)
Interview
adalah proses dimana kita bertatapan langsung dengan penguji, biasanya
penguji tersebut sudah paham dan menguasai ilmu psikologi, jadi kita
harus pintar-pintar menjawab pertanyaan dari penguji. Tidak jarang ada
pertanyaan yang cukup menjebak dan pertanyaan ini yang banyak
menggagalkan peserta ujian. Jangan pernah sedikitpun Terlihat gugup pada
saat wawancara karna akan mengurangi penilaian, jika kita gugup maka
kita akan kehilangan kendali pada diri kita. sebaiknya bersikap tenang
dan jawab pertanyaan dengan perlahan namun tegas.
3. Psiko-Test
Setelah
kita melaui Tes Tulis dan Wawancara biasanya kita akan melalui ujian
Psikotes, psikotes anda pasti tau apa itu Psiko-Test, ujian ini untuk
mengetahui lebih jauh tentang Kecerdasan Pikiran (IQ), Kecerdasan Emosi
(EQ) dan Potensi Diri.
4. Tes IPTEK dan Keterampilan
Jika
anda melamar untuk posisi Administrasi, Manager, Customer service, dan
segala hal yang berhubungan dengan IPTEK maka anda akan melalui tahapan
ini, tahapan dimana semua yang kita sertakan dalam Surat lamaran
mengenai Skill dan keterampilan kita akan diuji seberapa kita mahir dan
kita harus meyakinkan perusahaan bahwa kita mampu, dan layak untuk
diterima diperusahaan tersebut. Semakin banyak keterampilan, wawasan
akan mempengaruhi seberapa nilai jual kita. termasuk kemampuan
komunikasi baik berupa penguasaan bahasa asing seperti : Bahasa Inggris,
mandarin dll. Dan kemampuan menguasai Komputer perkantoran seperi : Ms.
Word, Ms, Excel, Power Point, Access) dan keterampilan lainnya yang
mendukung pekerjaan anda nantinya.
5. Tes Kesehatan(wawancara 2)
tahapan
ini hampir mirip dengan tahapan yang ke dua yakni wawancara, namun ada
penambahan, seperti untuk memancing Kecerdasan Emosi (EQ), Struktur
Berfikir, kemampuan Presentasi(komunikasi), Kemampuan "Menjual
Diri"(positif ya bukan negatif).
Nah,
itu tadi 5 Langkah Ampuh yang sangat menentukan diterima atau tidak
permohonan kerja yang anda ajukan, semoga apa yang saya bagikan
bermanfaat bagi anda, terima kasih.
0 Response to "5 Langkah Ampuh Untuk Lulus Seleksi Kerja , Cara jitu Melamar kerja Diterima 100%"
Posting Komentar