Tips Lamaran Pekerjaan Mudah | 5 Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Yang Menarik Pasti diterima 100%
Tag : #SuratLamaranPekerjaan #SuratlamaranMudah #5TipsjitumembuatlamaranPekerjaan #LamaranPekerjaanMenarik #MembuatlamaranPekerjaanAgarDiterima #ContohlamaranPekerjaan #LowonganPekerjaan #TipsAgarDiterimaKerja #TipsMencariPekerjaanMudah
Sering
kali Surat Lamaran yang kita ajukan tak sampai ke tangan pihak HRD
perusahaan, atau Surat Lamaran sampai ketangan HRD tapi dengan keadaan
yang terlipat-lipat, lusut, sobek dll. nah hal ini yang menyebabkan anda
tidak mendapatkan panggilan kerja. Membuat surat lamaran pekerjaan
tentulah harus sempurna, atau mendekati lah.. karna surat lamaran yang
anda kirimkan adalah kesan pertama yang dilihat dari diri anda, sebelum
memutuskan untuk melakukan proses interview. Kenapa membuat lamaran pekerjaan harus sempurna? karna
anda mendapatkan banyak saingan, tidak jarang 1 lowongan(posisi)
diperebutkan puluhan, sampai ratusan orang, tentulah anda harus
memberikan yang terbaik. Setiap orang yang menginginkan posisi yang
ditawarkan tentulah akan menggunakan segala cara agar mendapatkan
pekerjaan tersebut. Terlepas dari semua hal tersebut, lamaran pekerjaan
yang menarik itu seperti apa? nah saya akan menjelaskan kepada anda
secara detail lamaran pekerjaan yang menarik tersebut.
Banyak
faktor yang harus anda lakukan agar surat lamaran yang diajukan sampai
ke tangan HRD dengan keadaan yang utuh, tidak lecet sedikitpun.
Terkadang
kita menyepelekan hal ini, padahal hal ini yang sangat menentukan kesan
pertama dari surat lamaran anda, amplop yang seperti apa yang memenuhi
syarat dan yang menarik, tentunya amplop yang tidak murahan, tidak
terlalu banyak warna karna akan terlihat terlalu ramai, sehingga pembaca
merasa agak risih, saya menyarankan anda untuk menggunakan jenis amplop
sedang dengan ukuran 22cm x 30cm dengan warna coklat polos, dan
mengkilat(licin). karna amplop jenis ini lebih praktis dibandingkan
dengan jenis amplop yang lain dan juga lebih simpel(menarik), jangan
sekali-kali menggunakan amplop ukuran besar, karna tidak praktis yang
mengakibatkan lamaran pekerjaan anda akan dilipat-lipat oleh satpam,
karna terlalu risih dengan ukuran yang besar. pilihlah amplop yang
menggunakan perekat lem, hindari menggunakan amplop yang menggunakan
tali, hal ini tidak efektif dilakukan, karna akan terlihat ribet, dan
juga gampang dibuka, sehingga orang lain yang tidak berkepentingan akan
dengan mudah membuka dokumen anda.
contoh amplop ukuran sedang coklat polos |
usahakan
menggunakan amplop dengan kualitas yang tinggi, jangan memikirkan ini
lebih murah, itu lebih murah, karna itu akan mencerminkan siapa diri
anda. bukan dari jenis ukuran saja yang berpengaruh tapi dari segi
tampilan juga berpengaruh, contohnya usahakan jangan menggunakan amplop
jenis ini ketika anda melamar pekerjaan karna tidak efektif. karna
amplop jenis ini tidak simpel.
amplop berwarna |
2. Label Alamat
Surat
lamaran pekerjaan tentulah harus terlihat elegan, dan tidak murahan,
label alamat juga memiliki pengaruh besar dalam pembuatan surat lamaran
pekerjaan, hindari penggunaan tulis manual pada label alamat, atau anda
menggunakan kertas HVS yang dicetak kemudian di lem, nah ini tidak baik
kita lakukan, sebaiknya anda menggunakan kertas Stiker, Premium Glossy
Sticker. Karna ini lebih efektif dan praktis, kita tinggal cetak dan
tempelkan ke dalam amplop layaknya kita memasang stiker ke motor kita.
so very-very simpel but very important. bagaimana format pembuatan label
alamat nah silahkan lihat gambar yang ada dibawah ini.
Keterangan :
A = (Posisi yang akan kita ajukan, contoh : Admin,sales,dll)
ketentuan : ukuran font antara 16 - 20, Teks Tebal(Bold), huruf(Kapital)
B = (Alamat Perusahaan, alamatkan pada Manager Personalia/HRD)
ketentuan : ukuran font=14, jenis font=Times New Roman(diusahakan)
C = (Alamat kita sendiri )
ketentuan : pada nama ukuran 14, alamat ukuran=12, huruf miring(italic)
saya menyediakan contoh pembuatan label silahkan di download - Contoh label lamaran kerja -
saya menyediakan contoh pembuatan label silahkan di download - Contoh label lamaran kerja -
3. Foto Diri
Foto
merupakan penampakan dari diri kita, karna setelah amplop tersebut
dibuka, maka yang akan dilihat pertama kali adalah foto anda, bukan
masalah ganteng/ cantik, namun kesan dari foto tersebut yang akan
mempengaruhi isi dari lamaran pekerjaan tersebut. Foto yang dianjurkan adalah foto yang Profesional,
nah seperti apakah foto yang profesional tersebut, foto profesional
adalah cerminan dari keseriusan kita, maka pintar-pintarlah membuat foto
diri ini, jangan membuat foto yang kita suka, tapi buatlah foto yang
akan membuat orang lain berkesan. apakah kriteria foto yang profesional? foto
profesional memiliki beberapa kriteria yakni, wajah antusias, Berdasi,
menggunakan jas, berpakaian yang menunjukkan kualitas, ukuran 4x6, dan
menggunakan background yang elegant contohnya : merah dan biru. seperti
apa foto profesional tersebut, perhatikan gambar dibawah ini :
contoh foto profesional |
Hindari
penggunaan warna latar yang terlalu cerah atau terlalu flat, dan
usahakan ketika anda melakukan pengambilan foto, wajah anda fresh dan
terlihat rapi. jangan sampai kita dalam mengambil foto diri seadanya,
atau semau kita contohnya seperti ini :
contoh foto hitam putih tidak disarankan |
contoh foto berlatar flat, tidak disarankan |
contoh foto berlatar warna yang cerah(ngejreng), tidak disarankan |
itulah
contoh penggunaan foto profesional, yang perlu kita fahami, sehingga
apa yang kita buat, itu bisa berkesan bagi dan menunjukkan kualitas diri
kita, karna surat lamaran pekerjaan yang berkualitas tinggi,
menunjukkan keseriusan kita.
4. Surat Lamaran
Berikutnya
yang harus kita persiapkan dengan benar adalah Surat lamaran, karna
surat lamaran inilah yang menjadi faktor utama diterima atau tidaknya
anda/ dipanggil atau tidaknya. Perusahaan akan sangat selektif, Amplop,
foto diri, label alamat hanya tampilan luar saja, untuk menarik minat
untuk membaca, namun hal yang paling utama dalam membuat lamaran
pekerjaan yakni Surat Lamaran itu sendiri. bagaimana membuat surat lamaran yang baik dan benar?
Saya sendiri sudah banyak sekali membuat surat lamaran, karna saya pun
juga pernah berpindah instansi/ perusahaan. namun, saya tidak menemukan
kesulitan, karna saya mempersiapkannya dengan sangat matang, semua hal
yang terlihat sepele pun saya persiapkan dengan baik. karna saya
menginginkan sebuah kesan yang sangat positif dari pihak perusahaan itu
sendiri. dan saya akan berbagi kepada anda tips untuk membuat surat
lamaran pekerjaan yang efektif dan tentunya menarik.
Mengapa perusahaan memutuskan untuk memilih kita?? pastinya ada alasan kuat mengapa hal itu bisa terjadi, faktornya adalah :
- Kita memiliki kapabilitas yang tidak diragukan lagi.
- Skill yang kita miliki sangat dibutuhkan di instansi tersebut.
- Kita sudah memiliki pengalaman kerja.
- Karna kita memiliki keseriusan dalam melamar kerja(mungkin ini akan dipertimbangkan oleh perusahaan).
- Memiliki riwayat yang baik sebagai seorang pegawai(tidak pernah mendapatkan Black List dari perusahaan lain) dengan kata lain kita memiliki Etika yang baik dalam bekerja.
tentunya masih banyak lagi pertimbangan yang diambil oleh
perusahaan tersebut. usahakan jelaskan semua hal tentang diri kita
kepada perusahaan. membuat surat lamaran yang baik tentulah membutuhkan
kerja yang lebih, tapi ini akan lebih efektif untuk kita lakukan. format
dari surat lamarannya pun harus kita perhatikan, berikut saya bagikan
format surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.
Format Surat Lamaran Pekerjaan
1. ukuran kertas
a. Kertas yang digunakan haruslah kertas yang tebal dengan kualitas tinggi.
b. Ukuran Kertas Kwarto(28 X 21,5) 80gr. HVS 80Gram.
c. Usahakan berwarna putih.
2. Hal yang penting kita sematkan
a. melamar pekerjaan tertentu(posisi yang jelas)
b. Jual Diri (IPTEK, Skill, Personality Defelopment)
c. Ucapan terima kasih, dan mintalah untuk dikabari pada tahap selanjutnya.
d. Max 1 halaman tidak boleh lebih.
Hal yang harus dihndarkan ketika Membuat surat lamaran
- Jangan melamar pekerjaan yang kita tidak akan mampu menjalaninya (bukan bidang kita)
- Mengirim surat dengan Tulisan tangan atau Foto copy.
- Melamar untuk pekerjaan apapun (harus spesifik).
- Menggunakan kata-kata Bombastis/ Asing(sebaiknya pakailah bahasa indonesia yang baik)
- mengeluh mengenai pekerjaan, atasan perusahaan yang lalu untk memancing rasa belas kasihan, misal masalah keluarga/ pribadi. (jelaskan saja apa potensi dalam diri anda.
- Berkomentar langsung mengenai karakter kita (hindari menjelaskan mengenai karakter diri).
jika kita sudah mengirimkan surat lamaran pantau
perkembangan dari surat lamaran yang anda kirim kan tersebut, usahakan
handphone hidup 24 jam. untuk contoh surat lamaran bisa anda download
saya menyediakan dalam format PDF - Download Contoh Surat Lamaran Pekerjaan - atau bisa membaca di artikel saya mengenai - Cara membuat lamaran pekerjaan yang baik dan benar -.
5. CURRICULUM VITAE ( Daftar Riwayat Hidup )
Curiculum
Vitae(daftar riwayat hidup) adalah Biodata diri dan riwayat perjalanan
hidup kita, namun hal ini lebih spesifik ke masalah pendidikan,
organisasi, dan riwayat perusahaan tempat kita bekerja kita dahulu, hal
ini untuk mengetahui apakah kita masuk ke dalam kriteria yang ditentukan
oleh perusahaan atau tidak. Setiap perusahaan memiliki kualifikasi
tersendiri untuk menerima calon karyawan, banyak penilaian yang diambil
seperti : kesehatan, pendidikan, Skill, riwayat organisasi, riwayat
pekerjaan dll. hal tersebut merepresentasikan siapa diri kita yang
sebenarnya. ada 4 hal yang kita akan gunakan dalam hal ini.
4 hal yang digunakan untuk membuat Curriculum Vitae
untuk membuat Curriculum Vitae ada 4 hal yang harus kita gunakan yakni :
1. DATA PRIBADI
- Nama Lengkap(Sertakan juga Nama panggilan)
- Alamat Surat dan Nomor Telepon yang bisa dihubungi
- Tempat, dan tanggal lahir
- Usia
- Status Perkawinan
- Agama
- Kesehatan, tinggi dan Berat badan
2. PENDIDIKAN (Susunan secara Terbalik/ Descending)
- Formal : SD, SMP, SMA, S1/S2/S3. sebutkan secara lengkap dengan tahun masuk dan lulusnya.
- Non Formal : Kursus dan Seminar yang relevan, sebutkan lengkap.
3. KEMAMPUAN YANG DIMILIKI
- Kemampuan yang dimiliki (jelaskan kemampuan yang relevan dengan pekerjaan yang akan kita ambil).
- Pengalaman kerja (jelaskan dimana saja anda pernah bekerja, baik itu sebagai karyawan tetap, atau kegiatan On The Job Training(Magang/KKN).
- Skill Khusus (jelaskan apa yang anda miliki yang bisa digunakan dalam pekerjaan tersebut, disertai dengan penghargaan atau peringkat.
4. REFERENSI(orang yang mengenal diri dan kemampuan kita)
- siapa yang bisa kita referensikan tentunya tidak sembarangan, tuliskan nama orang yang memang paham dengan diri dan kemampuan kita contohnya : Profesional(Manajer kita terdahulu), Dosen, Dokter.
Dalam pembuatan Curriculum vitae ini hendanya anda
membuatnya dengan simpel, tambahkan tabel dengan warna yang segar, agar
pembaca merasa tertarik dengan Curriculum vitae yang anda buat, jika
anda masih belum faham anda bisa mendownload contoh dari Curriculum
Vitae yang saya buat saya sediakan dalam format PDF - Download Contoh Curriculum Vitae Simpel PDF - atau anda juga bisa membaca artikel saya mengenai - Cara Membuat Curriculum vitae yang baik dan benar -
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Tips Lamaran Pekerjaan Mudah | 5 Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Yang Menarik Pasti diterima 100% Semoga apa yang saya bagikan bermanfaat, terima kasih.
0 Response to "Tips Lamaran Pekerjaan Mudah | 5 Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Yang Menarik Pasti diterima 100%"
Posting Komentar